Electric Scooter for Kids Arvada Colorado

Electric Scooter for Kids Arvada Colorado

B. Indonesia berikan 5 sumber daya alam tumbuhan di wilayah wilayah Kalimantan ​

berikan 5 sumber daya alam tumbuhan di wilayah wilayah Kalimantan ​

1. Batubara

Batubara merupakan hasil tambang yang terbesar di Pulau Kalimantan. Beberapa daerah penghasil batubara di Kalimantan yaitu Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kaltim. Selain di Kalimantan Timur, tambang batubara juga terdapat di Provinsi lainnya seperti di Kalten

2. Minyak Bumi

Selain batubara, Pulau Kalimantan juga merupakan penghasil minyak bumi, bahkan terbesar kedua di Indonesia setelah Riau. Lokasi tambang minyak bumi di Kalimantan sebagian besar terdapat di lepas pantai. Beberapa daerah penghasil minyak bumi di kalimantan yaitu Pulau Bunyu, Balikpapan, Kutai dan Pulau Tarakan.

3. Bauksit

Bauksit adalah biji aluminium. Salah satu daerah penghasil bauksit di Pulau Kalimantan yaitu Singkawang (Kalimantan Barat).

4.Kayu Hutan

Salah satu SDA hayati di Pulau Kalimantan adalah kayu. Kalimantan merupakan penghasil kayu hutan terbesar di Indonesia. Terdapat banyak hutan produksi di pedalaman kalimantan. Bahkan kualitas kayu yang dihasilkan tidak kalah dibandingkan dengan hasil kayu di Sumatera dan Jawa. Beberapa jenis kayu yang dihasilkan seperti kayu ulin, jati, meranti, kapur, kruwing, dan bengkriang.

5. Rotan

Pusatnya industri rotan di Kalimantan yaitu di Kalteng. Beberapa daerah pengolahannya seperti di Kab. Kotawaringin, Kab. Katingan dan Kota Palangkaraya. Beberapa kerajinan tangan yang dihasilkan dengan menggunakan bahan rotan yakni seperti tas, topi, tikar, sajadah, kursi bahkan tempat untuk menaruh bunga.

penjelasan

SEMOGA MEMBANTU

Jawaban:

  1. Rotan
  2. Bauksit
  3. Kayu hutan
  4. Minyak bumi
  5. BatuBara

[answer.2.content]